WEB SITE RESMI GKPI BUKIT SION YANG BARU

Puji Tuhan, Gereja GKPI Bukit Sion sekarang telah memiliki Web Site resmi yaitu : http://www.gkpibukitsionbatam.com. Jadi untuk berita berita terbaru (terupdate) silahkan check di halaman tersebut, Tuhan Memberkati.

GKPI BUKIT SION, BIDA AYU - M.KUNING, BATAM

Blog ini kami tujukan khususnya untuk seluruh jemaat Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) BUKIT SION Bida Ayu - Muka Kuning, Batam dan umumnya untuk seluruh saudara-saudari kami yang beragama Kristiani yang mungkin belum sempat beribadah pada Hari Minggu yang mungkin dikarenakan oleh aktifitas yang padat, sehingga melewatkan bahan renungan pada Minggu yang berjalan. Oleh karena itu, bapak dan ibu serta pemuda pemudi kami bisa membaca Summary atau ringkasan dari renungan Mingguan kita disini. Berita jemaat juga bisa dilihat di blog ini, seperti jadwal Evanggelisasi kita serta Renungan Harian yang dikutip dari berbagai sumber. Dalam bulan ini Gereja kami GKPI BUKIT SION akan melakukan pembangunan fisik gereja, oleh karena itu, kami memohon bantuan doa dari saudara-saudari yang berkunjung ke Blog kami. Semoga Blog ini bermanfaat dan dapat menjadi saluran berkat bagi kita semua, Tuhan Yesus Memberkati.

Hormat dan salam kami
JM. Hutagaol, SPd
(Sekretaris Jemaat GKPI BUKIT SION - Batam)

Monday, September 7, 2009

Renungan Harian Senin, 07 September 2009

PIKIRAN YANG TENANG

Hati yang gembira adalah obat yang manur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.
( Amsal 17 : 22 )

Seorang dokter Belanda yang bernama Boerhaave telah menghasilkan buku-buku yang sangat bermanfaat bagi dunia medis, termasuk salah satu di antaranya adalah Elementa Chemiae. Pada saat Boerhaave meninggal pada tahun 1738, ia meninggalkan seubah buku yang disegel, yang berjudul The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art (Rahasia Seni Pengobatan Paling Rahasia). Buku tersebut dilelang dan laku 20.000 dollar. Si pemenang lelang berharap mendapatkan rahasia-rahasia hebat di dalam buku tersebut. Ketika segel buku tersebut dibuka, ia menemukan bahwa 99 dari 100 halaman buku tersebut adalah kosong. Satu-satunya halaman yang ada isinya tersebut cuma terdapat tulisan pendek: Jagalah diri untuk tetap tenang, agalah kaki agar tetap hangat, dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin.

Menurut saya, itulah buku paling unik dan berisi tulisan paling pendek sedunia. Barangkali maksud dokter Boerhaave dengan membuat buku unik tersebut adalah hendak menekankan bahwa tidak ada yang lebih penting daripada pikiran yang tenang untuk menjaga kesehatan. Kenyataannya, hampir 75% penyakit yang diderita manusia bukan karena kuman, bakteri, maupun virus, tapi karena pikiran. Itu sebabnya jika kita bisa menjaga pikiran kita tetap tenang, hati kita tetap damai sejahtera, dan jiwa kita merasa tenteram maka kita akan sehat senantiasa.

Seperti yang kita ketahui bahwa kondisi pikiran dan emosi kita akan sangat mempengaruhi sistem kekebalan di dalam tubuh kita. Jika pikiran kita kacau, depresi, dan stres yang berkelanjutan, maka hal itu pasti berdampak buruk pada kesehatan kita. Itu sebabnya
firman Tuhan mengajak kepada kita untuk menguasai pikiran dan menjadi tenang (1 Pet. 4:7), menjaga hati tetap damai sejahtera (Yes. 26:12), dan selalu bersukacita karena itulah obat bagi kita (Ams 17:22). Ingin memiliki kesehatan lebih baik? Kuncinya adalah dengan menjaga pikiran, emosi, dan hati kita. Sederhana bukan? (Kwik)

Jagalah diri untuk tetap tenang ..., dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun jadi miskin, dr. Boerhaave

No comments: