WEB SITE RESMI GKPI BUKIT SION YANG BARU

Puji Tuhan, Gereja GKPI Bukit Sion sekarang telah memiliki Web Site resmi yaitu : http://www.gkpibukitsionbatam.com. Jadi untuk berita berita terbaru (terupdate) silahkan check di halaman tersebut, Tuhan Memberkati.

GKPI BUKIT SION, BIDA AYU - M.KUNING, BATAM

Blog ini kami tujukan khususnya untuk seluruh jemaat Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) BUKIT SION Bida Ayu - Muka Kuning, Batam dan umumnya untuk seluruh saudara-saudari kami yang beragama Kristiani yang mungkin belum sempat beribadah pada Hari Minggu yang mungkin dikarenakan oleh aktifitas yang padat, sehingga melewatkan bahan renungan pada Minggu yang berjalan. Oleh karena itu, bapak dan ibu serta pemuda pemudi kami bisa membaca Summary atau ringkasan dari renungan Mingguan kita disini. Berita jemaat juga bisa dilihat di blog ini, seperti jadwal Evanggelisasi kita serta Renungan Harian yang dikutip dari berbagai sumber. Dalam bulan ini Gereja kami GKPI BUKIT SION akan melakukan pembangunan fisik gereja, oleh karena itu, kami memohon bantuan doa dari saudara-saudari yang berkunjung ke Blog kami. Semoga Blog ini bermanfaat dan dapat menjadi saluran berkat bagi kita semua, Tuhan Yesus Memberkati.

Hormat dan salam kami
JM. Hutagaol, SPd
(Sekretaris Jemaat GKPI BUKIT SION - Batam)

Saturday, September 5, 2009

Renungan Harian Sabtu, 05 September 2009

Dr. Jekyll & Mr. Hyde

Jadi jika aku berbuat apa yang tidak aku kehendaki, maka bukan lagi aku yang memperbuatnya, tetapi dosa yang diam di dalam aku
( Roma 7 : 20 )

Anda mungkin tahu kisah tentang Dr. Jekyll dan Mr. Hyde karangan Robert Louis Stevenson. Dalam kisah itu, diceritakan seorang professor, Dr. Henry Jekyll yang berjuang mengatasi dorongan saling bertentangan dalam hidupnya. Yang satu ingin menjadi orang terhormat di masyarakat, sedang yang lain ingin hidup dalam kekejaman dan nafsu kejahatan. Karena tidak ingin nama baiknya rusak, Dr. Jekyll menciptakan ramuan yang membuatnya bisa berubah menjadi Mr. Hyde yang kejam, kasar dan jahat. Dengan menjadi Mr. Hyde, ia bisa melakukan dan melampiaskan nafsunya untuk melakukan kekejaman dan dosa, tanpa orang lain tahu bahwa ia sebenarnya Dr. Jekyll yang tersohor itu. Tapi, masalah muncul saat lama kelamaan, Dr. Jekyll tidak bisa lagi mengontrol pribadinya yang jahat. Ia bisa tiba-tiba berubah menjadi Mr. Hyde meski tidak minum ramuan itu. Pada akhirnya, justry Mr. Hydelah yang mengontrol Dr. Jekyll, bukan sebaliknya.

Sebagian orang berpikir dia bisa memelihara dan mengendalikan dosa. Untuk mengendalikannya, sering muncul sikap pura-pura. Seperti Dr. Jekyll yang tidak mau melepaskan nama baik maupun tabiat jahatnya, kita mungkin beralasan bahwa tabiat buruk yang kita miliki tidak berbahaya bagi iman dan kehidupan kita. Tapi, Paulus dalam bacaan hari ini mengatakan itu mustahil. Bahkan pengetahuan akan yang baik justru bisa membuat kita berbuat jahat. Bukan karena pengetahuannnya yang membuat kita jahat, tapi karena makin kita tahu, makin kita tidak bisa melawan dorongan untuk melanggarnya. Apalagi jika kita sengaja tetap memeliharanya. Daging itu lemah (mrk. 14:38), dan manusia memang pada dasarnya sangat rentan terhadap dosa.

Lalu bagimana solusinya? Hyanya satu cara. Jangan pernah merasa bahwa Anda bisa mengontrol tabiat dosa Anda. Tapi, Tuhan telah mengutus roh Kudus untuk membantu kita. Inilah satu-satunya kekuatan yang bisa kita andalkan untuk melawan tabiat dosa kita. Miliki pengertian tentang nasihat dan firman-Nya, dari situlah Roh Kudus akan menolong kita menang atas kebiasaan dosa. (Arie)

Hanya pertolongan Roh Kudus yang dapat membebaskan kita dari tabiat dosa

No comments: