WEB SITE RESMI GKPI BUKIT SION YANG BARU

Puji Tuhan, Gereja GKPI Bukit Sion sekarang telah memiliki Web Site resmi yaitu : http://www.gkpibukitsionbatam.com. Jadi untuk berita berita terbaru (terupdate) silahkan check di halaman tersebut, Tuhan Memberkati.

GKPI BUKIT SION, BIDA AYU - M.KUNING, BATAM

Blog ini kami tujukan khususnya untuk seluruh jemaat Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) BUKIT SION Bida Ayu - Muka Kuning, Batam dan umumnya untuk seluruh saudara-saudari kami yang beragama Kristiani yang mungkin belum sempat beribadah pada Hari Minggu yang mungkin dikarenakan oleh aktifitas yang padat, sehingga melewatkan bahan renungan pada Minggu yang berjalan. Oleh karena itu, bapak dan ibu serta pemuda pemudi kami bisa membaca Summary atau ringkasan dari renungan Mingguan kita disini. Berita jemaat juga bisa dilihat di blog ini, seperti jadwal Evanggelisasi kita serta Renungan Harian yang dikutip dari berbagai sumber. Dalam bulan ini Gereja kami GKPI BUKIT SION akan melakukan pembangunan fisik gereja, oleh karena itu, kami memohon bantuan doa dari saudara-saudari yang berkunjung ke Blog kami. Semoga Blog ini bermanfaat dan dapat menjadi saluran berkat bagi kita semua, Tuhan Yesus Memberkati.

Hormat dan salam kami
JM. Hutagaol, SPd
(Sekretaris Jemaat GKPI BUKIT SION - Batam)

Monday, December 15, 2008

Renungan Harian, Senin 15 Desember 2008

Memanfaatkan Suasana Natal
Efesus 4 : 2; Yakobus 2 : 18

Seorang anak laki-laki terhilang di tengah keramaian sebuah supermarket. Supermarket itu padat dengan orang-orang yang hendak berbelanja barang-barang Natal. Anak laki-laki itu berdiri di tengah yang menuju ke kasir sambil menangis, "Aku ingin bertemu Mama." Melihat anak kecil menangis, banyak orang yang iba dan memberikan sesuatu sekedar untuk menenangkannya. Ada yang memberi uang seribu, ada yang memberi makanan dan ada yang memberi mainan. Tetapi, anak kecil itu tetap menangis. Seorang satpam yang kebetulan tahu siapa mama dari anak kecil ini mendekatnya dan berkata, "Ayo Nak ikut saya, saya tahu di mana Mamamu berada." "Saya juga tahu, Pak. Bapak diam saja ya," jawab anak itu. Anak itu sebenarnya sudah melihat di mana mamanya berada, tetapi karena banyak orang memberi sesuatu kepadanya maka dia terus menangis. Dia memanfaatkan suasana Natal untuk mendapatkan belas kasihan orang bagi kepentingannya sendiri.

Di tempat lain, seorang anggota Panitia perayaan Natal berkata, "Kita buat seragam untuk panitia. Kapan lagi bisa memakai pakaian seragama kalau tidak sekarang." Seperti tidak mau ketinggalan, ketika sebuah komunitas Kristen di sebuah supermarket mengadakan perayaan Natal bersama, seorang aktivis gereja meminta banyak kupon untuk pengambilan bingkisan Natal. Kebetulan dia yang diutus untuk menghadiri pertemuan yang membicarakan rencana perayaan Natal tersebut. Bingkisan Natal itu sengaja disediakan untuk jemaat-jemaat yang kurang mampu dari berbagai denominasi gereja. Tetapi, kenyataannya dari gerejanya yang datang ke perayaan Natal tersebut sebagian besar adalah anggota keluarga aktivis ini.

Berbeda dengan contoh-contoh di atas, sebuah keluarga Kristen memanfaatkan suasana Natal secara benar. Keluarga ini sengaja membuat kue-kue dan memasak sayur serta lauk dalam jumlah yang cukup banyak. Biasanya tetangga-tetangganya, baik yang Kristen maupun yang bukan Kristen akan datang dan memberi ucapan Selamat Natal. Dan kesempatan ini digunakan untuk berbagi, karena kalau hari-hari biasa orang cenderung berpikir negatif atau curiga. Jika ada yang tidak datang karena sedang bepergian, maka di hari-hari berikutnya, dia akan mengirim nasi, lauk dan sayur sepantasnya. Di banyak gereja, di dalam merayakan Natal juga sering mengadakan acara berbagai kasih dengan orang-orang yang tidak mampu atau mengunjungi panti asuhan dan panti werda. Tentu segala sesuatu harus direncanakan dengan baik dan dilakukan dengan hikmat dari Tuhan sehingga tidak membuka peluang bagi orang-orang yang akan memanfaatkannya demi kepentingan mereka sendiri.

Sudahkah kita membuat rencana untuk memanfaatkan suasana Natal dengan benar? Waspadalah supaya kita tidak terjebak memanfaatkan suasana Natal untuk kepentingan diri kita atau kelompok kita sendiri.

DOA

Bapa, aku bersyukur bisa menikmati Natal. Mampukan aku untuk berbagi dengan sesama sehingga mereka pun bisa menikmati Natal. Dalam nama Yesus aku berdoa. Amin

Kata-Kata Bijak Hari Ini

Meriahnya suasana Natal tak sebanding dengan meriahnya hati TUhan ketika kita mau berbagi kasih.

Mutiara Kata Hari Ini

Hati yang penuh syukur, bukan saja merupakan kebajikan yang terbesar, melainkan merupakan pula induk segala kebajikan yang lain.

Sumber: Manna Sorgawi (Mansor), Desember 2008, No. 129 Tahun

No comments: