WEB SITE RESMI GKPI BUKIT SION YANG BARU

Puji Tuhan, Gereja GKPI Bukit Sion sekarang telah memiliki Web Site resmi yaitu : http://www.gkpibukitsionbatam.com. Jadi untuk berita berita terbaru (terupdate) silahkan check di halaman tersebut, Tuhan Memberkati.

GKPI BUKIT SION, BIDA AYU - M.KUNING, BATAM

Blog ini kami tujukan khususnya untuk seluruh jemaat Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) BUKIT SION Bida Ayu - Muka Kuning, Batam dan umumnya untuk seluruh saudara-saudari kami yang beragama Kristiani yang mungkin belum sempat beribadah pada Hari Minggu yang mungkin dikarenakan oleh aktifitas yang padat, sehingga melewatkan bahan renungan pada Minggu yang berjalan. Oleh karena itu, bapak dan ibu serta pemuda pemudi kami bisa membaca Summary atau ringkasan dari renungan Mingguan kita disini. Berita jemaat juga bisa dilihat di blog ini, seperti jadwal Evanggelisasi kita serta Renungan Harian yang dikutip dari berbagai sumber. Dalam bulan ini Gereja kami GKPI BUKIT SION akan melakukan pembangunan fisik gereja, oleh karena itu, kami memohon bantuan doa dari saudara-saudari yang berkunjung ke Blog kami. Semoga Blog ini bermanfaat dan dapat menjadi saluran berkat bagi kita semua, Tuhan Yesus Memberkati.

Hormat dan salam kami
JM. Hutagaol, SPd
(Sekretaris Jemaat GKPI BUKIT SION - Batam)

Monday, April 6, 2009

Renungan Harian Senin, 6 April 2009

POHON ANGGUR, BUTUH PERAWATAN
Kejadian 9 : 20, Yohanes 15 : 1 - 8

Seminggu Bersama Pohon-Pohon Dalam Alkitab - Hari 6


Pohon anggur (vitis vinifera) adalah tanaman yang sangat umum di Israel dan Palestina hingga sekarang ini. Satu tandan buah anggur yang paling besar bisa mencapai berat hingga 5 kg, jika anggurnya tumbuh di tanah yang subur. Dua dari antara pengintai-pengintai yang disuruh mengintai Kanaan harus menggandar atau memikul berdua setandan buah anggur dari Lembah Eskol (Bil 13:23). Kej 9:20 menjelaskan kepada kita bahwa yang pertama kali membuat kebun anggur adalah Nuh. Bagi orang Israel, anggur merupakan tanaman penting sebagaimana zaitun dan ara. Buahnya yang masih segar selain bisa langsung dimakan, juga dikeringkan menjadi kismis dan diperas untuk menghasilkan wine atau minuman anggur yang sangat digemari. anggur juga bisa dijadikan selai anggur, dijadikan cuka anggur dan bijinya diekstrak menjadi obat.

Di dalam PL, Israel sering digambarkan sebagai pokok anggur dan kebun anggur Allah (Yes 5:1-7; Yer 2:21; Yeh 19:10). Di dalam PB pun kita melihat bahwa Yesus mengumpamakan diriNya sebagai pokok anggur yang benar dan orang percaya sebagai ranting-rantingnya. Dari perumpamaan Yesus tentang pokok anggur, kita mengetahui bahwa Tuhan sangat mengharapkan agar kita menghasilkan buah yang lebat. Untuk dapat menghasilkan buah yang lebat, orang percaya harus:

Pertama, melekat pada pokok anggur yang benar, yaitu Yesus. Hidup dalam persekutuan dengan Yesus akan memungkinkan kita menjadi berkat bagi sesama, karena buah-buah yang kita hasilkan berasal dari Pokok Anggur Yang Benar. Tidak sedikit orang yang mencoba melakukan banyak hal di luar Yesus, tapi hasilnya adalah kesia-siaan.

Kedua, perlu merawat kehidupan rohani kita. Pohon anggur merupakan tanaman yang meminta banyak perhatian jika ingin menghasilkan buah yang banyak dan berkualitas. Tanahnya harus dibersihkan secara rutin, dibentangkan tali-tali di atasnya agar dapat merambat dan dibuatkan penyangga yang akan menahan buahnya yang berat. Untuk mendapatkan tubuh yang indah, kita melakukan perawatan tubuh, tetapi untuk menghasilkan kehidupan rohani yang dikenan Tuhan, kita harus merawat kehidupan rohani kita.

Ketiga, izinkan Tuhan memangkas ranting-ranting kita. Pohon anggur dapat tumbuh subur, tetapi belum tentu menghasilkan buah yang banyak. Untuk dapat menghasilkan buah yang banyak, setahun sekali pohon ini harus dipangkas ranting-rantingnya yang tidak berbuah. Terkadang Tuhan melakakukan pemangkasan di dalam hidup kita agar kita semakin berbuah lebat. Pemangkasan itu sakit, tetapi hasilnya indah. Kita perlu merenungkan kata kata William Penn, " Penderitaan bukan merupakan kesalahan kita, melainkan ujian dan koreksi dari Allah. Tetapi merupakan kesalahan kita jika penderitaan itu tidak mendatangkan kebaikan bagi kita."

DOA
Tuhan, beriku hati yang peduli terhadap pertumbuhan rohaniku, sehingga aku menjadi seperti pohon anggur yang berbuah banyak. Dalam nama Yesus aku mohon, Amin.

Kata Kata Bijak Hari Ini
Ketika kita tidak lagi peduli kepada kerohanian kita, lama-kelamaan kita akan mati secara rohani.

Mutiara Kata Hari Ini
Siapa yang tidak mau ditolak keluar dari zamannya, hendaklah membaca surat kabar. (L. Simons)

Sumber : Manna Sorgawi (Mansor)

No comments: