WEB SITE RESMI GKPI BUKIT SION YANG BARU

Puji Tuhan, Gereja GKPI Bukit Sion sekarang telah memiliki Web Site resmi yaitu : http://www.gkpibukitsionbatam.com. Jadi untuk berita berita terbaru (terupdate) silahkan check di halaman tersebut, Tuhan Memberkati.

GKPI BUKIT SION, BIDA AYU - M.KUNING, BATAM

Blog ini kami tujukan khususnya untuk seluruh jemaat Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) BUKIT SION Bida Ayu - Muka Kuning, Batam dan umumnya untuk seluruh saudara-saudari kami yang beragama Kristiani yang mungkin belum sempat beribadah pada Hari Minggu yang mungkin dikarenakan oleh aktifitas yang padat, sehingga melewatkan bahan renungan pada Minggu yang berjalan. Oleh karena itu, bapak dan ibu serta pemuda pemudi kami bisa membaca Summary atau ringkasan dari renungan Mingguan kita disini. Berita jemaat juga bisa dilihat di blog ini, seperti jadwal Evanggelisasi kita serta Renungan Harian yang dikutip dari berbagai sumber. Dalam bulan ini Gereja kami GKPI BUKIT SION akan melakukan pembangunan fisik gereja, oleh karena itu, kami memohon bantuan doa dari saudara-saudari yang berkunjung ke Blog kami. Semoga Blog ini bermanfaat dan dapat menjadi saluran berkat bagi kita semua, Tuhan Yesus Memberkati.

Hormat dan salam kami
JM. Hutagaol, SPd
(Sekretaris Jemaat GKPI BUKIT SION - Batam)

Saturday, April 4, 2009

Renungan Harian Sabtu, 4 April 2009

ARAS LIBANON, MEKAR DAN GAGAH
Mazmur 29:5, 37:35-36

Seminggu Bersama Pohon-Pohon Dalam Alkitab - Hari 4

Pohon aras Libanon (cedrus libani) berasal dari Asia Kecil dan menjadi tanaman asli Libanon, Siria dan bagian selatan Turki. Ciri pertama yang dapat kita ketahui tentang aras Libanon, adalah cabang-cabangnya yang tumbuh secara horizontal dan membuat pohon ini kelihatan sangat lebar dan gagah. Jika tumbuh berhimpitan, pohon ini akan tumbuh secara lurus ke atas, tetapi jika ditanam dengan jarak yang cukup jauh, maka cabang-cabangnya akan tumbuh melebar ke samping. Aras Libanon bisa mencapai tinggi hingga 20 meter dan lebar sekitar 9-15 meter.

Kulit kayu aras Libanon berwarna abu-abu gelap. Jika kulit itu tergores, maka ia akan mengeluarkan getah yang menebarkan aroma yang begitu wangi, sehingga jika kita berjalan di hutan aras Libanon akan terasa sangat menyenangkan. Kayu aras Libanon memiliki keistimewaan lain, ia memiliki anti pembusukan dan tidak ada serangga yang bisa memakannya. Kayunya begitu kuat, padat dan mulus, tanpa mata kayu. Pendeknya, kayu aras Libanon memiliki kuliatas yang sangat baik.

Di beberapa peradaban, kayu aras Libanon sangat penting. Orang-orang Mesir menggunakan getahnya dalam pemumian orang yang meninggal. Orang Fenisia membuat kapal dari kayu aras Libanon dan orang Yunani juga menggunakan kayu ini untuk berbagai keperluan yang menggunakan kayu. Di dalam Alkitab, kayu aras Libanon sering dipakai dalam upacara keagamaan (Im 14:4; 49; Bil 19:6), Salomo membangun Bait Allah dan istananya dengan menggunakan kayu aras Libanon (1 Raj 6 dan 7).

Beberapa bagian Alkitab menjadikan pohon aras Libanon sebagai gambaran orang fasik yang gagah dan sombong. "Aku melihat seorang fasik yang gagah sombong, yang tumbuh mekar seperti pohon aras Libanon." (Mzm 37:35). Secara fisik pohon aras Libanon adalah pohon yang kuat, megah dan berkualitas. Kulitnya menebarkan keharuman, kualitas kayunya pun sangat baik. Pada umumnya orang-orang yang bersikap sombong adalah mereka yang merasa memiliki kelebihan, apakah itu fisik yang sempurna, pendidikan, pengetahuan atau harta kekayaan yang membuat mereka kelihatan lebih hebat dari yang lain. Mereka secara lahiriah nampak hebat dan sempurna, seperti pohon aras Libanon.. Tetapi Alkitab berkata, sekalipun orang-orang fasik yang gagah sombong tumbuh mekar seperti halnya pohon aras Libanon, namun kemegahan mereka bisa hilang dalam sekejap.

Kita boleh memiliki segudang prestasi, harta kekayaan yang banyak, atau kelebihan-kelebihan lain yang akan menambah nilai diri kita di hadapan sesama, tetapi jika di dalam hidup kita terdapat kesombongan, cepat atau lambat kita akan menemui kehancuran. Ada sebuah pepatah yang mengatakan, "Padi semakin berisi semakin merunduk." Muliakanlah Tuhan melalaui kelebihan-kelebihan Anda, dan Anda akan semakin diberkati.

DOA
Tuhan, ampunilah jika aku masih menyimpan kesombongan di dalam hidupku. Sesungguhnya semua yang kumiliki berasal dari padaMu. Dalam nama Yesus aku berdoa. Amin.

Kata Kata Bijak Hari Ini
Kemegahan orang yang sombong akan menjadi kehinaan, tetapi kerenahan hati menjadi kemuliaan.

Mutiara Kata Hari Ini
Banyak orang yang memiliki jam tangan mahal harganya tetapi tidak banyak yang memiliki waktu-waktu yang berharga. (Mahathir Mohamad)

Sumber : Manna Sorgawi (Mansor)

No comments: